Minggu, 19 Februari 2012

Apel Mampu Mengurangi Resiko Terkena Serangan Jantung


Mengatasi Aneka Penyakit Dengan Buah Apel

Manfaat apel sebenarnya sudah dikenal sejak zaman Romawi. Ketika itu, apel diyakini mampu memperlancar perncernaan. Pasalnya, apel mengandung asam tartar yang bisa menghambat pertumbuhan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dalam saluran pencernaan.
Selain itu, apel juga mempunyai banyak khasiat dan manfaat, terutama kandungan zat-zatnya yang bisa mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Di Indonesia, beredar berbagai jenis apel mulai dari apel lokal hingga apel impor. Dari sekian banyak apel yang beredar di pasaran, hanya ada satu jenis apel yang diyakini memiliki khasiat lengkap, yaitu apel Romebeauty. Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat apel dalam mencegah berbagai penyakit di dalam tubuh.
Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung
Penyakit jantung adalah penyakit yang mengganggu sistem pembuluh darah, lebih tepatnya menyerang jantung dan urat-urat darah. Seseorang yang terkena serangan ini akan mengalami shock jantung dan mengakibatkan berhentinya aliran darah. Bahkan, jika tidak segera tertolong bisa berakibat kematian.
Sebuah penelitian mengungkapkan, dengan mengonsumsi apel setiap hari mampu mengurangi risiko terkena serangan jantung. Pembuktian ini telah dilakukan para peneliti yang mengevalusi data dari 10 Prospective Cohort Studies di Amerika dan Eropa yang melibatkan 91.058 laki-laki dan 245.186 perempuan. Pengujian terfokus pada pengukuran jumlah serat yang dikonsumsi oleh para peserta uji coba selama kurun waktu 6-10 tahun.
Hasilnya, sembilan dari 10 hasil uji tersebut menunjukkan, risiko terkena serangan jantung koroner bisa dicegah dengan sering mengonsumsi serat kasar. Intinya, dengan mengonsumsi 10 gram serat kasar per hari, mampu menurunkan risiko terkena serangan jantung koroner hingga 14 persen, dan risiko kematian akibat serangan jantung menurun menjadi 27 persen.
Selain itu, untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung, usahakan menghindari makanan berlemak dan berminyak, minuman beralkohol, dan kebiasaan merokok. Namun, perbanyaklah minum jus apel, jus wortel, jus tomat, dan lalapan daun sambung nyawa dan daun dewa.

Pustaka-Apel Mampu Mengurangi Resiko Terkena Serangan Jantung

Khasiat & Manfaat Apel Oleh Sufrida Yulianti, Irlansyah, Edi Junaedi & Mufatis W.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar