Kamis, 05 Januari 2012

Teh Dan Wanita


Khasiat Teh untuk Kesehatan

Osteoporosis
Resiko 8 kali lipat mengalami osteoporosis dibandingkan pria membuat wanita perlu ekstra hati-hati. Tulang yang lebih kecil, perubahan hormonal saat menopause dan kekurangtahuan akan pentingnya kalsium semakin membuat kaum hawa dekat dengan penyakit pengeroposan tulang (osteoporosis). Selain di dalam teh memang mengandung kalsium. menurut beberapa penelitian (menggunakan hewan), teh mampu mengurangi tingginya penyerapan penyebab kehilangan massa tulang yang berlebih.
Kanker Payudara
Teh sudah sering kita kenal sebagai zat antikanker, tentu kanker payudara juga termasuk di dalamnya. Semua itu tak lepas dari peran Polifenol yang menyusun 25 – 35% berat kering teh. Salah satu Polifenol yang populer, yaitu Katekin terutama dalam bentuk EGCG (Epigallo catechin gollate). Dalam penelitian, EGCG terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker payudara pada tikus.
Kulit
Kulit cantik dan sehat sudah barang tentu menjadi dambaan para wanita. Kombinasi kologen dengan elastin (protein yang ditemukan pada jaringan tubuh yang elastis) membuat kulit menjadi kencang, elastis, dan halus. Sayangnya radikal bebas dapat menyerang kologen sehingga merusak kulit dan mengakibatkan kulit menjadi tidak cantik dan segar lagi. Antioksidan yang terdapat pada teh lewat katekin di dalamnya mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat serangan radikal bebas.
Diet
Teh bisa menjadi solusi diet yang menyenangkan. Rahasianya adalah sinergi dari tiga bahan utama teh, yaitu kafein. L-Theonine dan epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Kafein merupakan stimultan yang akan membantu mengurangi berat badan Anda. Sayangnya, kafein ternyata mempunyai efek negatif bagi tubuh, seperti menaikkan gula darah dan kadar insulin. Namun jangan panik dulu! lnilah kehebatan dari teh karena teh juga mengandung L-theanine, asam amino yang berfungsi sebagai “tameng” dari efek buruk kafein. L-theanine juga memengaruhi neurotransmitter di otak yang memengaruhi kadar dopomine dan serotonin yang akan mengirim pesan “kenyang” ke otak. Jadi, semakin banyak teh yang kamu minum maka akan semakin kuat pesan ke otak yang mengatakan, “Aku tidak lapar”.
Bagaimanapun, teh tidak banyak membantu mengurangi berat badan Anda, tapi juga membantu mengurangi nafsu makan Anda dan tetap berada di jalur diet yang benar.
Rahasia ketiga dari teh adalah kandungan EGCG di dalamnya—keajaiban antioksidan yang menstimulasi metabolisme tubuh Anda, Sebenarnya Anda telah membakar lemak sejak awal Anda meminum teh. EGCG juga menurunkan kadar trigliserida di dalam darah dan menghambat akumulasi asam lemak di dalam jaringan lemak (membakar lemak lebih cepat dan lebih efektif Hal inilah yang membuat teh adalah agen anfiobesitas yang sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar