Selasa, 17 Januari 2012

Bisnis Online Dunia Maya Untung Nyata


Bisnis Online

Beberapa tahun yang lalu mungkin internet hanya bisa dinikmati oleh orang-orang dari golongan menengah ke atas dan perusahaan-perusahaan besar saja. Namun perkembangan teknonologi yang semakin melesat begitu cepat, dan disebut-sebut sebagai era revolusi informasi, telah menjadikan Internet merambah keseluruh pelosok dunia. Dari perkotaan sampai ke pedesaan.
Dengan demikian masyarakat sangat diuntungkan dengan kehadiran teknologi informatika yang semakin terjangkau. Dan semakin lama semakin menurun harganya. Ini dikarenakan persaingan di antara perusahaan-perusahaan besar yang semakin ketat. Belum lagi, munculnya perusahaan-perusahaan baru dari China dan Korea yang semakin merebut hati masyarakat, khususnya golongan ekonomi menengah ke bawah, dengan harga yang jauh lebih murah.
Perangkat teknologi informatika seperti komputer, pocket pc, notebook, netbook, dan telepon seluler yang semuanya bisa digunakan untuk browsing internet dengan mudah, membuat masyarakat semakin dimanjakan. Sehingga saat ini internet bukan lagi sebagai barang mewah, melainkan sebuah kebutuhan yang bagi sebagian orang adalah suatu keharusan. Tak heran jika internet dijadikan tempat yang sangat potensial untuk berbisnis.
Bisnis yang disampaikan di sini adalah bisnis online dari segala lapisan dengan modal minimal, yaitu suatu usaha perorangan yang bisa dijalankan sebagai sambilan maupun sebagai usaha mandiri yang serius. Banyak sekali keuntungan-keuntungan di dalam menjalankan bisnis online dibandingkan bisnis offline dalam dunia nyata. Karena bisnis online kita tidak memerlukan banyak karyawan atau bahkan tanpa karyawan seorang pun. Akan tetapi kita akan dibantu dengan sistem yang akan bekerja 24 jam untuk kita. Namun tidak jarang pula sebuah bisnis online memerlukan karyawan sebagai administrator untuk mengelola situs bisnisnya.
Keuntungan Bisnis Online
Meminimalkan biaya operasional
Pada perusahaan offline memerlukan biaya yang tinggi dalam aspirasional.. Apalagi jika perusahaan mempunyai cabang di banyak kota dengan jarak tempuh yang jauh, harus mengirimkan data secara analog, melakukan meeting pada satu tempat (pusat) melakukan perjalanan jauh untuk konferensi dengan biaya yang sangat tinggi. Namun jika perusahaan melakukannya secara online dengan jaringan Internet, biaya tinggi dan perjalanan yang melelahkan serta menghabiskan waktu itu akan terasa menjadi murah dan menyenangkan. Misalnya menggunakan Microsoft NetMeeting yang bisa didapatkan secara gratis di www.microsoft.com/intemet/download.
Mengurangi banyak karyawan
Perusahaan offline/konvensional sekecil apapun pasti membutuhkan karyawan yang tidak sedikit. Di antaranya untuk menangani pembukuan, keuangan, administrasi, produksi dan lain sebagainya. Dengan membutuhkan karyawan lebih banyak, berarti kas mengeluarkan biaya lebih banyak pula. Sedangkan bisnis secara online jumlah karyawan bisa diminimalkan seminimal mungkin. Dengan begitu kita tak perlu lagi dipusingkan oleh biaya untuk membayar karyawan-karyawan kita.
Tidak mengeluarkan banyak modal
Berbeda dengan bisnis secara offline yang membutuhkan banyak modal seperti untuk:
- Menyewa gedung/ kantor/ toko.
- Membeli peralatan dan perlengkapan bisnis
- Mengurus perizinan (SIUP)
- Mengurus perpajakan (NPWP) dll
Sedangkan bisnis secara online tidak memerlukan poin-poin seperti tersebut di atas. Bisnis online sederhana dan mudah dikerjakan oleh siapa saja. Baik kalangan masyarakat umum, pelajar, mahasiswa maupun kalangan professional.
Bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun.
Di mana pun dan kapan saja selama jaringan internet bisa dijangkau, di situ pula kita bisa menjalankan bisnis online kita. Kita juga bisa mengontrol, mengelola situs kita setiap saat, menambah dan meng-update situs bisnis kita agar pengunjung tidak jenuh dan bosan berkunjung. Walaupun kita berpindah-pindah atau sering berada di luar kota, kita masih bisa mengelola bisnis kita tanpa takut kehilangan pelanggan.
Apa Saja Yang Dibutuhkan?
Kebutuhan utama dalam bisnis ini adalah:
- Sebuah situs (website) atau minimal dengan weblog yang bisa kita dapatkan secara gratis.
- Konten
- Seperangkat komputer dengan spesifikasi, minimal:
• Prosesor : Pentium III
• Memori RAM : 128 MB
• Harddisk : 10 GB
• CD-ROM : 48x
• monitor : SVGA 800 x 600 pixel
• Mouse
• Keyboard
• Sound Card
- Jaringan internet
- Perangkat lunak (software)
•Sistem Operasi : Windows/ Linux
• Internet Browser : Internet Explorer/Mozilla/Opera dll
Jika kita tidak mempunyai jaringan internet di rumah, kita masih tetap bisa memulai bisnis online lewat jasa warnet (tidak disarankan). Akan tetapi biaya operasionalnya akan lebih mahal dan tidak efisien. Bila situs usaha kita telah berjalan kita pun bisa menggunakan internet mobile sekedar untuk melakukan pengecekan-pengecekan situs kita, di manapun kita berada.
Kebutuhan Pendukung.
Karena bisnis online berbentuk situs yang terdiri dari konten berupa informasi dan data-data, maka bisnis dalam sebuah jaringan internet bisa berarti pertukaran nilai elektronik yang terjadi antara penjual dan pembeli dalam media internet. Pertukaran ini, ditindaklanjutinya dengan pengiriman secara analog untuk barang-barang non-data.
Dalam kebutuhannya mengenai pendukung bisnis online ini di antaranya adalah:
• Data-data, informasi, eBook milik sendiri yang original sebagai konten maupun pendukung pelayanan jasa.
• Gambar-gambar, animasi atau video pendukung.
• Skill (brainware)
• Barang-barang dagangan non-data, jika berkaitan dengan perdagangan.
• Software-software menarik yang freeware/original yang tidak melanggar hukum.
• Nomor rekening: bank BNI/ BCA/ Danamon/Mandiri dll. Juga Rekening eGold/Alerpay/Paypal dll.

Pustaka-Bisnis Online Dunia Maya Untung Nyata

1 komentar:

  1. info..ini adalah kerja online, pekerjaan alternatif bagi
    mahasiswa ataupun yang belum mendapatkan pekerjaan, sistem di kerja online ini sama dengan
    di perusahaan nyata, anda bekerja anda digaji anda malas anda tidak akan mendapatkan apa-apa,
    disini anda tidak bekerja untuk mencari member, bukan bisnis investasi,
    STOP BISNIS ONLINE SAATNYA KERJA ONLINE, tidak ada orang ketiga alias admin yang mengatur penghasilan
    anda, apa yang anda kerjakan hasilnya untuk anda sendiri,
    selengkapnya anda baca di sini www.goworkathomenow.weebly.com

    BalasHapus