Selasa, 17 Januari 2012

Google Search Engine


Tentang Google

Google merupakan mesin pencari (search engine) terbesar di dunia selain Yahoo, Altavista, Bing, dan HotBot. Setiap mesin pencari menawarkan pencarian terbaik secara online dengan memberikan informasi dunia yang mudah dan bermanfaat. Google memberikan hasil yang relevan kepada setiap pemakai di dunia dengan waktu yang cepat untuk mengakses jutaan lebih halaman web. Setiap harinya, Google memberikan respons kepada jutaan orang yang menggunakan fasilitasnya sebagai salah satu mesin pencari web.
Wikipedia (http://en.wikipedia.org/wiki/Google_maps) mencatat, Google didirikan pada 4 September 1998 pada sebuah garasi rumah di Menlo Park, California oleh dua orang mahasiswa Ph.D. dari Stanford University, yaitu Larry Page dan Sergey. Nama Google berasal dari sebuah ejaan yang salah, yaitu ‘Googol’ yang digunakan untuk menyebutkan angka 1 dengan nilai angka 0 yang banyak dibelakangnya. Pada awalnya investasi yang dimiliki oleh perusahaan ini adalah $1,1 juta termasuk cek $100 ribu dari seorang teman yang bernama Andy Bechtolsheim, salah seorang pendiri Sun Microsystem.
Pada bulan Maret tahun 1999, perusahaan yang lebih dikenal dengan nama Google Inc. pindah ke Palo Alto, sebuah kawasan elit tempat pengembangan teknologi yang dikenal dengan nama Silicon Valley. Dengan cepat Google mendapat perhatian dari para pengguna internet di dunia karena kemudahan dan kesesuaian hasilnya. Setelah berkembang dengan cepat, perusahaan ini menyewa sebuah kompleks bangunan dari Silicon Grapihcs Inc (SGI) di Mountain View. Kompleks ini Iebih dikenal dengan nama Googleplex. Pada tahun 2006 Google membeli properti dari SGI dengan harga$319 juta.
Pada bulan Juni 1999, Google mengumumkan bahwa perusahaan tersebut telah memiliki sumber dana sebesar $25 Juta. Sumber dana tersebut berasal dari investor besar, yaitu Sequioa Capital dan Kleiner Perkins Caufield & Byers. Karena desainnya yang sederhana dan mudah digunakan, Google menarik banyak perhatian dari para pengguna internet. Oleh karena itu, pada tahun 2000, Google mulai menjual iklan yang dikaitkan dengan kata kunci. Iklan tersebut tidak dilengkapi dengan gambar yang menarik, melainkan berupa teks polos untuk menjaga konsistensi dalam kecepatan pemunculan halaman, serta menjaga konsistensi desain halaman yang teratur. Iklan tersebut ditawarkan seharga $5 sen dengan cara mengkombinasikan tawaran harga dan jumlah klik.
Google menggunakan teknologi yang berbeda dari para pesaingnya dalam melakukan proses pencarian data. Jika mesin pencari lainnya menggunakan kata kunci atau metasearch, Google menggunakan teknologi Page Rank dalam proses pencarian data. Teknologi ini bekerja dengan cara menampilkan terlebih dahulu informasi yang dianggap paling penting.
Page Rank merupakan algoritma yang sudah dipatenkan dan berfungsi untuk menentukan situs yang lebih penting/popular di- banding situs-situs lain. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman web dianggap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman akan menjadi sangat penting jika sebuah halaman yang memiliki page rank yang tinggi mengacu ke halaman tersebut. Cara Google menentukan sebuah halaman merupakan halaman penting atau tidak adalah dengan cara perolehan suara yang didapat. Selain itu, Google juga akan menganalisa halaman web yang memberikan suara.
Dengan adanya metode Page Rank ini, maka seseorang tidak dapat melakukan “pembelian” rank untuk mendapatkan tempat yang lebih penting. Berbeda dengan mesin pencari lain yang memungkinkan adanya gangguan dari pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan prioritas tempat. Pencarian situs pada Google merupakan pencarian yang jujur dan objekti, sehingga tidak terlalu sulit untuk menemukan situs dengan mutu tinggi.
Semakin banyaknya pengguna Internet yang menggunakan fasilitas Google membuat Google Inc mencoba untuk memperluas bisnisnya ke arah lain. Beberapa aplikasi hasil pengembangan bisnis Google adalah aplikasi email berbasis web, pemetaan online, sharing video dan gambar, serta aplikasi Peta Online atau lebih dikenal dengan nama Google Maps.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar