Rabu, 25 Januari 2012

Bisnis Seru Di Game Online


Gambaran Bisnis Game Online

Para pemilik game online harus menyadari bahwa bisnis ini mendapat tantangan dari game offline macam rental-rental game PS. Walau pun begitu game online tetap memiliki keunggulan lebih dari game-game offline tersebut. Salah satu yang menjadi daya tarik dari game online yaitu adanya tingkat persaingan yang real time yang bisa dilakukan oleh para game player secara serentak hingga ke berbagai belahan dunia. Tentu rasa bangga dalam bermain game online lebih besar dari pada game offline yang pemainnya hanya itu-itu saja. Rasa ego memang membawa para pemain game online untuk terus bermain tanpa mengenal waktu.
Game online merupakan salah satu permainan atau video game yang membutuhkan dua terminal yaitu terminal server sebagai pusat layanan jaringan yang diberikan kepada komputer dan terminal client. Game online biasanya membutuhkan satu komputer server yang biasanya digabungkan dengan komputer billing serta beberapa komputer client.
Namun game online juga bisa jadi merupakan salah satu bisnis hasil pengembangan dari usaha warung Internet. Apabila usaha warnet Anda mengalami kerugian atau ingin dikembangkan menjadi lebih besar maka tidak ada salahnya Anda mencoba bisnis game online. Pada dasarnya game online memiliki kemiripan dengan warnet, namun terdapat beberapa perbedaan mendasar yang belum tentu dimiliki oleh warnet. Salah satu contohnya adalah masalah modal yang dibutuhkan oleh bisnis game online yang pada umumnya lebih besar daripada modal pembuatan warnet.
Salah satu fakta menarik dari bisnis ini adalah bisnis game online dapat di-kembangkan secara bersama-sama dengan bisnis warnet, maksudnya komputer yang dipakai untuk game online juga bisa dipakai untuk akses Internet.
Keahlian yang Dibutuhkan
Membuka bisnis game online tidak bisa hanya berdasarkan modal saja. Ingat game online membutuhkan banyak keahlian dan menuntut kerja keras baik pemilik mau pun para karyawannya. Tentu Anda menyadari bahwa game online memiliki rival yang cukup berat yaitu game console bernama PlayStation buatan Sony. Namun game online telah berhasil memiliki segmentasi pasar tersendiri. Apabila Anda memang berniat untuk mendirikan game online ada baiknya Anda mempersiapkan diri Anda mau pun karyawan Anda untuk saling melengkapi keahlian yang dibutuhkan dalam mengelola bisnis game online.
Game online atau biasa dikenal sebagai game center membutuhkan SDM dengan berbagai keahlian sebagai berikut:
- Operator mengerti tentang seluk beluk komputer dan game. Di sini keahlian yang dibutuhkan adalah masalah komputer dan jaringan.
- Mengenal sistem jaringan game online. Dengan mengenal sistem jaringan, operator dapat dengan mudah memperbaiki jaringan Internet bila terjadi gangguan koneksi Internet.
- Mahir bermain game. Keahlian satu ini tidak bisa dianggap remeh oleh pemilik game online, kenapa bisa terjadi begitu? Karena dapat membuat user merasa lebih nyaman untuk menanyakan berbagai hal apabila operator game center tersebut pandai memainkan game-game online.
- Keahlian personal, dibutuhkan keramah-tamahan dari karyawan selama mengelola game online. Hal ini khususnya harus dimiliki oleh karyawan administrasi dan customer service. Tanpa keahlian menangani konsumen dengan rasa sabar dan ikhlas, Anda bisa membayangkan konsumen Anda bisa pindah mencari game online lainnya.
Modal yang Dibutuhkan
Modal bisnis game online sudah bisa dipastikan akan lebih banyak dari pada modal yang dipakai dalam pembuatan sebuah warnet. Namun itu juga tergantung dan spesifikasi yang dipakai oleh warnet dan game online. Namun biasanya spesifikasi hardware yang dipakai oleh komputer warnet lebih rendah dibandingkan dengan komputer game online.

Pustaka-Bisnis Seru Di Game Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar