Minggu, 11 Maret 2012

Tip Mengelola dan Merawat Situs

Kini Anda sudah bisa mereguk keberhasilan Anda, apabila sudah sampai tahap ini. Selanjutnya apa? Apabila Anda benar-benar serius ingin mengelola situs Anda, jangan berhenti sampai di sini. Ada beberapa hal yang masih perlu diperhatikan dalam mengelola dan merawat situs Anda, diantaranya ada yang bersifat ringan dan ada juga yang butuh ketekunan Anda.
- Cepat dan Mudah Diakses
Agar situs Anda sering dikunjungi, selain menawarkan konten yang menarik, situs Anda juga harus cepat waktu download-nya serta mudah diakses. Yang dimaksud dengan mudah diakses adalah URL situs Anda jangan terlalu rumit, susah diingat, apalagi terlalu panjang. Sebagai contoh perhatikan URL di bawah ini:
http://situssayaininamanyapanjangsekalidansusandiingat.blogspot.com
URL seperti di atas hanya menyusahkan pengunjung saja. Apabila Anda memang harus memberi nama yang panjang, usahakan URL tersebut berupa kalimat yang mudah diingat. Sebagai contoh, ada sebuah blog yang URL-nya adalah kalimat yang sering dilontarkan oleh seorang celebrity Indonesia. Apabila Anda penasaran, cobalah Google dengan masukkan kata kunci “who do you think he are” (tanpa tanda kutip). Pada saat buku ini ditulis, blog yang dimaksud berada di urutan pertama.
Kemudian supaya situs kita cepat diakses, pertama pastikan kita mendaftarkan situs kita di perusahaan web hosting yang memberikan bandwidth yang besar dan pertimbangan lain yang sudah dibahas di bab sebelumnya.
Apabila Anda yakin sudah memilih web hosting yang handal, langkah selanjutnya adalah mengenai desain situs Anda. Seperti sudah dibahas pada bab 3 mengenai desain layout, Anda disarankan untuk bereksperimen dalam menentukan layout mana yang cocok untuk situs Anda. Sebuah halaman situs yang banyak menggunakan tabel akan tampak lambat apabila di-download dengan menggunakan browser Internet Explorer karena browser ini menunggu tag penutup ketika menterjemahkan sebuah halaman situs.
- Desain yang Menarik
Mendesain sebuah halaman situs bisa diumpamakan seperti menggambar sebuah kanvas yang kosong dan masih putih. Kita bisa memasukkan apa saja di kanvas itu. Bedanya adalah halaman situs berhubungan erat dengan waktu download untuk pengunjung situs kita. Di sinilah letak tantangan mendesain situs, tentang bagaimana caranya membuat desain yang menarik dengan waktu download yang cepat. Penggunaan JavaScript nampaknya menggiurkan, tetapi bukan berarti harus memakainya. Ada situs-situs yang penggunaan JavaScript untuk keperluan mempercantik tampilan situs malah berbalik menjadi gangguan bagi para pengunjungnya. Gunakanlah JavaScript seperlunya saja.
Gambar latar disarankan dengan tidak menggunakan gambar beranimasi atau warna yang mencolok. Apabila ingin menggunakan gambar latar, usahakan menggunakan gambar stabs dan berukuran kecil. Warna yang digunakan jangan mencolok sehingga membuyarkan perhatian pengunjung dari fokus konten situs Anda. Buatlah warna yang terang dan muda.
- Komitmen dalam meng-update
Sebuah situs yang baik adalah situs yang selalu diupdate oleh pengelolanya. Tanyakan pertanyaan ini pada diri Anda sendiri: Kenapa saya mengunjungi situs berita A? Kenapa saya mau mengunjungi situs si B? Jawabnya yang paling mungkin adalah karena mungkin ada yang baru di situs berita A, atau si B punya ide-ide bagus mengenai otomotif.
Jadi, kata kuncinya di sini adalah komitmen dalam mengupdate berita-berita dalam situs web Anda. Tidak perlu khawatir dengan jumlah kunjungan ke situs Anda. Apabila situs Anda menawarkan konten yang berbobot dan bisa menarik orang lain, otomatis kunjungan akan meningkat sendiri.
- Kunjungi terus situs Anda
Apabila situs Anda memanfaatkan interaksi dari pengunjung Anda, kunjungi terus situs Anda. Periksa apakah ada masukan-masukan atau komentar-komentar. Perhatian pada pengunjung situs Anda juga salah satu bentuk komitmen Anda dalam mengelola situs Anda.
Bayangkan apabila Anda mengunjungi suatu situs dan Anda tertarik pada sebuah artikel di situs tersebut. Lalu Anda meninggalkan pesan pertanyaan kepada si pemilik situs. Namun, hingga berbulan-bulan Anda tidak menerima respon. Tentunya, Anda pada akhirnya juga akan melupakan hal itu. Hal yang demikian bisa berlaku juga untuk situs Anda sendiri. Periksalah masukan dari luar.
- Ikuti informasi dari web hosting
Layanan web hosting Anda mungkin melakukan perubahan-perubahan atau kejadian-kejadian lain di luar batas kemampuan mereka (force majeure). Kemungkinan yang terjadi misalnya; server crash (untuk ini Anda perlu sering melakukan backup hasil karya Anda), perubahan direktori sehingga default index.htm berubah, waktu downtime seperti untuk melakukan maintenance, atau kejadian luar biasa seperti kejadian gempa di Taiwan akhir tahun 2006 lalu.
Perubahan-perubahan tersebut mungkin akan mengubah situs Anda walaupun mungkin kasus seperti itu (seharusnya) jarang sekali terjadi.
- Jangan telat membayar web hosting
Apabila Anda menggunakan web hosting berbayar, pastikan Anda membayar kewajiban Anda setiap masa jatuh temponya. Umumnya, layanan web hosting akan mengirimkan invoice yang berisikan jumlah uang yang harus Anda bayar. Apabila Anda lupa atau tidak membayar kewajiban Anda, kemungkinan paling besar adalah situs Anda mungkin akan berubah tampilan halamannya atau tidak bisa diakses sama sekali. Ini mungkin akan jadi kejadian yang tidak Anda inginkan.
- Jangan lupa membayar nama domain
Jangan lupa untuk terus memeriksa kalender, kapan jatuh tempo nama domain Anda. Apabila Anda membeli nama domain, misalkan tanggal 1 Januari 2007 untuk satu tahun. Maka tandailah pada kalendar Anda tanggal 31 Desember 2007 dengan catatan `bayar perpanjangan nama domain’, misalnya. Apabila Anda terlambat membayar nama domain, kemungkinan besar pengambilalihan bisa terjadi. Apabila situs Anda sedang mengalami peningkatan kunjungan, hal seperti ini tentu akan merugikan Anda sendiri.
- Promosi
Ada beberapa cara untuk mempromosikan situs Anda. Pertama, Anda bisa mengirim (submit) URL Anda ke mesin pencari Internet (search engine). Pilihlah mesin pencari yang banyak dikenal orang, dan kirim URL Anda. Pastikan Anda memasukkan deskripsi yang cocok dengan isi situs Anda. Apabila ada orang di belahan dunia lain memasukkan kata kunci tersebut, maka URL Andalah yang keluar.
Cara kedua adalah dengan mengunjungi situs-situs milik orang lain dan meninggalkan komentar dalam posting-an mereka. Tentunya, Anda harus meninggalkan komentar yang sesuai supaya komentar Anda tidak ditandai sebagai SPAM. Umumnya, dalam meninggalkan komentar Anda dimungkinkan untuk meninggalkan URL Anda. Manfaatkan fitur ini sebagai sarana promosi.
Cara yang ketiga adalah dengan mencantumkan URL situs Anda dalam signature email Anda. Apabila Anda aktif mengikuti mailing list, maka URL Anda secara otomatis akan tercantum di setiap email yang Anda kirim. Kalau Anda beruntung, email Anda tersebut disebarkan lagi oleh anggota mailing list sehingga orang lain di luar komunitas tersebut membacanya, kemungkinan pengunjung situs Anda menjadi bertambah.
Pada intinya, apabila Anda ingin serius dalam mengelola situs, kata kuncinya adalah komitmen. Anda harus tekun dalam membangunnya sama dengan tekunnya Anda mengelola situs Anda itu sendiri.
Pustaka
Panduan Praktis Membuat Situs Pribadi & Template Blog Oleh Muhammad Tanzir Wilson

Tidak ada komentar:

Posting Komentar