Selasa, 06 Maret 2012

Gambaran Bisnis Jual Beli Domain

Jual beli domain merupakan salah satu bisnis yang belum dikenal orang banyak, padahal dari segi keuntungan jangka panjang bisnis jual beli domain ternyata cukup menjanjikan. Jual beli domain adalah seperti proses jual tanah di dunia nyata. Domain seperti halnya tanah memiliki harga jual yang berbeda-beda tergantung dari berbagai hal. Beberapa hal yang menentukan harga domain seperti: ekstensi domain, domain merupakan aftersales atau tidak, bagus tidaknya nama domain, nama domain mudah di hafal, memiliki back- link atau tidak dan lain-lain. Tentu saja proses jual beli domain membutuhkan kemampuan dan keahlian tertentu. Keahlian dan kemampuan yang dibutuhkan oleh seorang domainer tentu bisa dipelajari sehingga setiap orang bisa mengetahui bagaimana cara menjadi seorang domainer yang handal.
Pada bisnis jual beli domain yang menjadi objek adalah domain dari suatu website, namun seiring dengan perkembangan jual beli domain yang semakin menggairahkan maka bisnis ini dapat berkembang ke berbagai bidang. Proses jual beli domain akan menghasilkan keuntungan yang sangat besar apabila Anda dapat menjual domain tersebut kepada pihak end user. Pengguna akan menggeluarkan uang lebih bila ternyata domain yang Anda jual sesuai dengan kebutuhan mereka.
End user yang mau dan mampu membeli suatu domain dengan harga yang sangat tinggi biasanya karena tuntutan pekerjaan mereka sebagai seorang paid review, adsense atau seorang anggota PTC. Mereka membutuhkan domain dengan page rank yang tinggi dan sesuai dengan isi blog atau website yang mereka buat.
Keahlian yang Dibutuhkan
Pada proses jual beli domain tentu membutuhkan berbagai keahlian yang dapat dipergunakan untuk memperlancar pekerjaan jual beli tersebut. Keahlian berdagang sering kali merupakan bakat alami namun bisa dipelajari pelan-pelan.
Keahlian yang dibutuhkan dalam jual beli domain adalah sebagai berikut:
1. Analisa Market. Keahlian analisa market adalah kemampuan untuk melihat apa yang sedang menjadi trend di pasaran domain dan bisa menentukan berbagai hal yang bisa dipergunakan sebagai suatu terobosan.
2. Marketing. Pekerjaan jual beli domain membutuhkan keahlian marketing yang handal. Karena domain yang memiliki page rank yang tinggi dan trafik tinggi, belum tentu mudah dijual apabila cara pemasaran yang Anda lakukan kurang menarik konsumen.
3. Punya feeling yang kuat bahwa domain yang dimilikinya akan mampu menjadi domain yang marketable dan nge-trend kelak di kemudian hari.
4. Memiliki kemampuan parkir domain. Di sini Anda harus mengetahui tempat parkir domain yang bagus ada di mana. Contoh tempat parking domain antara lain di Name Drive.com, Faboulus.com dan masih banyak lainnya.
5. Pandai melakukan tawar menawar harga. Tentu keahlian ini merupakan salah satu kunci utama yang harus dimiliki seorang pedagang pada umumnya. Keahlian tawar menawar akan membawa Anda ke dalam tingkat keuntungan yang lebih tinggi.
Modal yang Dibutuhkan
Modal merupakan salah satu penentu kesuksesan bisnis ini, namun juga bisa menjadi bumerang bila Anda mengalami kerugian. Anda sebagai pemula tidak membutuhkan banyak modal untuk memulai bisnis jual beli domain, kira-kira sekitar 100 US$ atau dalam rupiah sekitar Rp. 1.000.000,00. Dengan modal 100 US$ Anda bisa membeli sekitar 6-8 domain yang sudah ber-page rank lumayan, namun perlu diingat di sini Anda juga harus melakukan tawar menawar saat membeli domain tersebut.
Namun apabila Anda tidak mempunyai uang sebesar itu maka Anda bisa memulainya dengan hanya beberapa dollar saja, tetapi yang harus diingat adalah apabila Anda hanya memiliki 1 buah domain, pastikan domain Anda adalah domain yang marketable dan sedang booming atau sedang nge-trend.
Modal dalam jual beli domain memang sangat menentukan jumlah barang dagangan domain yang dimiliki, belum tentu menghasilkan tingkat keuntungan yang lebih dibandingkan dengan yang memiliki domain sedikit.
Jumlah Pegawai yang Dibutuhkan
Jumlah pegawai yang dibutuhkan untuk menjalankan jual beli domain ter-gantung dari skala jual beli domain yang Anda lakukan. Apabila Anda memiliki sedikit dagangan domain maka tidak perlu mempekerjakan karyawan untuk menghemat pengeluaran Anda. Jual beli domain bila sudah melibatkan puluhan hingga ratusan jumlahnya, tentu Anda harus mempekerjakan 1 atau 2 orang karyawan sebagai customer service atau marketing.
Namun apabila Anda sebagai pemula dengan modal sekitar 100 US$ ada baiknya bila pekerjaan jual beli domain dilakukan sendirian dulu untuk menghemat pengeluaran Anda. Pekerjaan seorang domainer berbeda dengan pekerjaan kantor, di mana seorang domainer dapat mengerjakan proses jual beli di waktu senggang.
Potensi Pasar
Potensi pasar yang dimiliki dalam jual beli domain adalah para pengguna Internet yang membutuhkan domain dengan page rank yang tinggi. Page rank yang tinggi ini akan memudahkan mereka dalam melakukan berbagai aktivitas menjadi paid review. Tentu dengan adanya page rank yang tinggi user memiliki kesempatan menjadi pemenang suatu tender untuk mereview suatu produk atau jasa dibandingkan dengan pihak yang memiliki domain ber-page rank rendah.
Pangsa pasar yang sangat menggiurkan adalah dari pemain pemula dari bisnis review atau adsense yang membutuhkan domain dengan page rank tinggi namun malas membuatnya. Bisnis jual beli domain dengan page rank tinggi atau nama domain yang unik membuat peluang bisnis ini ke depannya akan memiliki prospek yang cukup baik.
Potensi pasar jual beli domain lainnya adalah para kalangan pengusaha yang menginginkan perusahaannya dikenal kalangan luas. Pengusaha membutuhkan domain yang bagus karena citra perusahaan mereka akan terangkat seiring berita dan perkembangan perusahaanya dapat diakses secara mudah lewat Internet.

Pustaka-Jual Beli Domain

20 Bisnis IT dari Hobi Menjadi Rejeki Oleh Jubilee Enterprise

Tidak ada komentar:

Posting Komentar