Jumat, 09 Maret 2012

Alat Pembayaran Internet


Alat Pembayaran Online

Sudah Anda ketahui beberapa cara mendapat uang melalui Internet mungkin pertanyaan Anda sekarang adalah bagaimana mereka membayar saya??? Pertanyaan bagus!!! Jawabannya adalah menggunakan payment gateway. Ada beberapa perusahaan penyedia lanyanan tersebut yang sering digunakan. Berikut perusahaan yang sering digunakan sebagai alat pembayaran jika Anda menggeluti bisnis lewat internet.
Paypal
Saat ini paypal adalah alat pembayaran di internet yang paling banyak digunakan. Paypal corp berdiri pada tahun 1998 yang merupakan gabungan dari dua perusahaan, yaitu Confiniti dan X.com. Dengan mengunakan paypal Anda bisa membeli barang di ebay dan pembayaran online lainnya, seperti lisensi software, keanggotaan situs. Anda juga bisa megirim uang ke pengguna paypal lainnya. Saat ini pengguna paypal mencapai 150 juta orang dan mendukung 18 mata uang termasuk rupiah. Saat ini paypal sangat populer dalam transaksi online, khususnya di Indonesia. Hal ini dikarenakan paypal mempunyai keunggulan bila dibandingkan dengan pembayaran online lainnya, berikut keunggulan paypal.
1. Cepat, tidak perlu mengisi data kartu kredit pada saat akan membayar, cukup dengan memasukkan email dan password saja (kecuali pembeli yang membayar dengan kartu kredit non anggota paypal).
2. Aman, setiap user yang mendaftar di paypal harus melalui proses verifikasi yang ketat sebelum bisa melakukan transaksi. Selain itu pengguna paypal dapat melakukan komplain dalam waktu 45 hari jika terdapat indikasi penipuan dengan menyertakan bukti-bukitnya.
3. Mudah, uang yang diterima di account paypal dapat langsung ditransfer ke kartu kredit atau rekening di bank Indonesia (misalnya BCA, Mandiri, dan Niaga).
4. Laporan yang lengkap terhadap setiap transaksi, baik mengirim dan menerima dana.
E-gold
E-gold merupakan suatu alat pembayaran online yang dikeluarkan oleh E-gold Ltd. Berbeda dengan pembayaran online lainya, e-gold memiliki nilai standar berdasarkan 100% harga emas murni yang berlaku di pasar yang ditampilkan dalam bentuk rekening tabungan e-gold. E-gold sendiri berperan sebagai mata uang seperti rupiah, tetapi bukan merupakan mata uang suatu negara, berarti tidak ada negara yang mengeluarkan uang dalam bentuk fisik (kertas, logam) dalam mata uang E-gold. E-gold adalah sebuah media pembayaran yang sah dan sudah diakui oleh merchant di seluruh dunia, selain itu e-gold juga dapat ditarik melalui ATM yang berlogo Cirrus, Meastro, dan Mastercard.
Moneybookers
Moneybookers merupakan jasa pembayaran online yang termurah untuk saat ini dan direkomendasikan di Eropa. Pada tahun 2007 moneybookers dibeli oleh Invenscorp untuk menjadi mitra dengan harga € 105 juta. Berbeda dengan alat pembayaran online Iainnya, moneybookers memerlukan verifikasi identitas sebelum menggunakan layanan mereka untuk meminimalkan penipuan dan mencegah pencucian uang.
Alertpay
Alertpay merupakan alat pembayaran online yang telah berdiri sejak 2004. Alertpay saat ini semakin populer karena mayoritas situs PTC mempercayakan transaksi dengan membernya melalui jasa alertpay. Proses pendaftarannya sangat mudah dan gratis (tidak membutuhkan setoran awal seperti membuka rekening di bank). Saat ini alertpay sudah mendukung 21 mata uang di seluruh dunia.
Liberty Reserve
Hampir sama dengan E-gold, Liberty Reserve adalah sistem pembayaran online dan penyedia mata uang digital (LR-gold). Pada tahun 2002 mereka meluncurkan USD didukung mata uang digital (LR-USD). Liberty Reserve ini terintegrasi dengan suatu metode pembayaran dalam bentuk rekening/account yang beroperasi secara online, sehingga orang dapat menggunakan Liberty Reserve sebagai pengganti media alat pembayaran online dalam bentuk tunai (uang).

Pustaka-Alat Pembayaran Internet

Anti Gaptek Internet Oleh Erima Oneta & Yosep. S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar